Joker.com

Berilmulah dan Janganlah Sombong

5.26.2009

ARSITEKTUR LINGKUNGAN

LINGKUNGAN DAERAH KOTA JAKARTA


Jakarta adalah ibu kota yang seharusnya diperhatikan dari segala aspek atau

sudut pandang, diantaranya adalah :


  1. masyarakat atau kepadatan penduduk
  2. Bangunan yang bertambah banyak
  3. Lingkungan yang tidak tertata rapih
  4. Peraturan yang tidak memperhatikan dampak sosial
  5. Lapangan kerja yang terbatas


Masyarakat atau kepadatan penduduk adalah semakin banyak penduduk yang tinggal dijakarta yang mengakibatkan berdampak sosial begitu buruk , yaitu :

tidak seimbangnya luas Jakarta dengan pertambahan penduduk Jakarta, baik dari urbanisasi maupun dari pertambahan penduduk dari Jakarta itu sendiri, yang akhirnya terjadi penyempitan lahan untuk bangunan penduduk , perkantoran,dan pabrik. Sehingga lahan hijau, daerah aliran sungai dan bangunan komposisinya sudah tak seimbang.

Dengan keadaan seperti ini sangat berdampak pada lingkungan dan sosial

masyarakatnya.

Dalam sosial masyarakatnya terjadi persaingan dalam segala hal, contohnya banyak pengangguran , banyaknya gubuk-gubuk dikolong jembatan dan dipinggir kali serta pedagang kaki lima juga kriminalitas yang sangat tinggi yang disebabkan karena sulitnya lapangan pekerjaan.

Dampak lingkungannya adalah banjir,kebakaran,polusi udara, dan wabah penyakit. Semua itu disebabkan karena pertambahan penduduk ,bangunan, kendaraan bermotor yang bertambah banyak tanpa memperhatikan keseimbangan alam.


Banyak peraturan pemerintah yang dibuat tidak memperhatikan lingkungan,dan sosial masyrakat, contohnya adalah:

  1. membiarkan Jakarta jadi pusat pembangunan
  2. membiarkan kendaraan bermotor menjadi banyak
  3. membiarkan bangunan Jakarta bertambah banyak
  4. membiarkan urbanisasi berlanjut terus menerus
  5. membiarkan lahan hijau atau cagar alam menjadi perumahan
  6. kurangnya pembangunan aliran sungai
  7. bedirinya bangunan dipinggir laut serta megguruk sebagian laut atau pantai menjadi dataran


Kesimpulan :

lingkungan yang baik adalah lingkungan yang terdiri dari penghijauan baik tanaman atau tumbuh-tumbuhan,sungai, bangunan serta penduduk yang semuanya tertata rapi.

Jadi kalau kita berbicara lingkungan tidak bisa lepas dari penduduk dan pembangunan. Pemerintah harus membuat peraturan-peraturan lingkungan dan menjadi contoh dalam pelaksanaanya. Sehingga masyrakat sadar bahwa lingkungan adalah satu – satunya yang bisa membuat kehidupan menjadi lebih baik. Yaitu penghijauan dimana-mana, sungai yang mengalir dengan lancar,polusi udara yang harus dikurangi, dan mewujudkan cita-cita masyarakat yang sadar lingkungan baik pemerintahnya atau rakyatnya.

Selama ini masyarakat sangat kurang tentang sadar akan lingkungan disebabkan karena terbiasa hidup mewah dan hura-hura contohnya adalah membuang sampah sembarangan, budaya naik kendaraan bermotor pribadi padahal telah tersedia angkutan umum, prilaku sewenang-wenang atau bertindak semaunya tanpa memperhatikan kepentingan orang banyak.

Jakarta harus menjadi contoh kota yang lingkungannya tertata rapi baik alamnya atau masyrakatnya, semua ini terwujud bila kita semua sadar akan tanggung jawab sebagai masyrakat yang tinggal dijakarta untuk menjaga dan memperbaruhi lingkungan alam secara bersama-sama atau bergotong-royong dan tidak mempentingkan kepentingan pribadi.

Untuk mewujudkan cita-cita sadar lingkungan hidup

Harus diajarakan secara dini dari semenjak sekolah dasar sampai jenjang tertinggi atau dari anak kecil hingga dewasa. Disini jelas bahwa peran lingkungan alam dan masyarakat yang membuat bangsa ini maju khusus nya adalah ibu kota Jakarta.


Tugas Mata Kuliah Semester 1

ARSITEKTUR LINGKUNGAN

Univ.Mercubuana

By: Joko Tr (gondrong)

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda